Categories
Uncategorized

Perangkat Keras Adalah

Perangkat Keras Adalah – Ada beberapa komponen pada komputer yang saling mendukung. Komponen-komponen ini disebut perangkat keras atau perangkat keras. Setiap komputer memiliki spesifikasi perangkat kerasnya sendiri.

Oleh karena itu, kinerja, kecepatan, dan keunggulan setiap komputer adalah berbeda. Semakin tinggi spesifikasi perangkat keras, semakin baik kinerjanya. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Perangkat-Keras-Adalah
Perangkat Keras Adalah

Pahami perangkat kerasnya

Jika perangkat lunak atau perangkat lunak itu bukan fisik, perangkat keras atau perangkat keras memiliki pemahaman yang berlawanan. Karena perangkat keras bersifat fisik, dapat dilihat, disentuh, dan dikenal karena bentuknya. Memiliki perangkat keras pada komputer tentu sangat penting. Setiap perangkat keras memiliki fungsinya.

Dengan cara ini, tidak semua perangkat keras bisa mandiri. Sejumlah komputer harus memiliki beberapa perangkat perangkat keras seperti motherboard, hard drive, kartu memori, CPU, dll.

Semua komponen ini saling mendukung untuk memungkinkan komputer berfungsi. Jadi semua komponen perangkat keras membutuhkan perangkat lunak agar komputer dapat dinyalakan dan dijalankan.

Fungsi perangkat keras

Setidaknya ada lima jenis perangkat keras dalam perangkat komputasi. Jenis perangkat keras ini mendukung daya, penyimpanan, keluaran, proses, dan input.

Semua jenis perangkat keras selanjutnya dihubungkan dalam sistem terintegrasi. Oleh karena itu dapat digunakan untuk memasukkan, memproses dan menghasilkan data.

Kinerja perangkat keras sangat ditentukan oleh spesifikasi. Semakin tinggi kinerjanya. Untuk melakukan ini, Anda dapat menyesuaikan spesifikasi komputer dengan kebutuhan Anda.

Jika komputer Anda hanya digunakan untuk mengetik, Anda tidak perlu menggunakan spesifikasi tinggi untuk menyimpan foto dan menonton video. Namun, jika komputer digunakan untuk persyaratan desain grafis dan memutar video berat, ia harus menggunakan komputer dengan spesifikasi tinggi.

Berbagai jenis perangkat keras

Seperti disebutkan di atas, perangkat keras terdiri dari beberapa jenis dengan fungsinya masing-masing. Untuk memperjelas fungsi masing-masing jenis, berikut adalah penjelasannya.

  • Masukkan perangkat keras. Fungsinya untuk menyisipkan atau menyisipkan data dalam memori komputer. Keyboard adalah perangkat keras utama untuk fungsi ini. Sedangkan perangkat periferal atau pendukungnya adalah mouse dan pemindai.
  • Perangkat keras untuk pemrosesan data. Perangkat keras ini memiliki fungsi dalam pemrosesan data atau untuk mengeksekusi perintah ketika data dimasukkan. Komponen utama perangkat keras ini adalah CPU (Central Processing Unit), kartu suara (kartu suara), VGA dan motherboard.
  • Masalah perangkat keras. Jenis perangkat keras ini berfungsi sebagai penampil data atau menghasilkan data yang sebelumnya telah diproses. Monitor dan speaker adalah perangkat utama untuk fungsi ini. Komponen pendukung seperti printer, proyektor, dll.
  • Perangkat keras penyimpanan. Fungsi perangkat keras ini adalah untuk menyimpan data pengguna. Ada dua perangkat keras untuk fungsi ini, yaitu RAM (untuk volatile memory) dan hard disk (untuk media penyimpanan internal yang tidak mudah menguap). Ada juga memori read-only (ROM) sebagai media penyimpanan dengan sifat non-volatile. Jadi data tidak akan hilang jika daya dimatikan. Seperti namanya, itu hanya baca. ROM umumnya digunakan sebagai firmware atau chip BIOS.
  • Perangkat keras listrik. Pasokan listrik tentu diperlukan untuk pengoperasian komputer. Kehadiran perangkat keras ini berfungsi untuk menstabilkan tegangan atau listrik yang mengalir ke perangkat pengolah. Perangkat keras seperti catu daya berguna untuk mengelola sistem listrik untuk masing-masing perangkat kerasnya. Selain itu, komputer juga biasanya terhubung ke konverter tegangan atau penstabil tegangan. Fungsinya untuk menstabilkan listrik sebelum dikelola oleh catu daya. Catu daya tak terputus (UPS) juga dapat ditambahkan ke perangkat pemroses. Tujuannya adalah sebagai perangkat listrik darurat. Jika daya terputus, perangkat pemrosesan dapat hidup selama beberapa waktu. Pemasangan UPS sangat penting agar komputer tidak mati tiba-tiba saat dimatikan. Ini menghindari risiko kerusakan pada perangkat keras komputer.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *